Nrp : 19596/P
Nama : Andri
Irawan
Prodi : T. Elektro S1-38
Manfaat Algoritma
Algoritma ialah logika, metode dan
tahapan secara urut dan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu
permasalahan. Algoritma dapat juga diartikan sebagai urutan langkah secara
sistematis dan logis. Dalam perkembangannya, algoritma banyak digunakan di
bidang komputer.
Secara spesifik, pengertian algoritma
ialah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang
terstruktur dan dituliskan secara matematis yang akan dikerjakan untuk
menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer. Jadi berdasarkan definisi
ini, dapat dikatakan algoritma merupakan langkah penyelesaian suatu masalah
yang menghasilkan solusi dalam bentuk program komputer. Namun penting diketahui
bahwa algoritma tidaklah tergantung oleh suatu bahasa pemrograman tertentu,
artinya suatu algoritma harus dapat diwujudkan oleh bahasa pemrograman komputer
apapun.
Algoritma dapat disajikan dalam dua
bentuk yaitu dalam bentuk tulisan/bahasa dan dalam bentuk gambar. Penyajian
algoritma dalam bentuk tulisan haruslah menggunakan bahasa yang dapat
dimengerti manusia dalam menyajikan langkah-langkah algoritma. Penyajian
algoritma dalam bentuk tulisan juga dapat dilakukan menggunakan pseudocode.
Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti “mirip atau menyerupai” dan code
yang berarti “kode program”. Contoh bahasa pemrograman yang digunakan untuk
menyatakan pseudocode ialah BASIC, Pascal, C, dan lain-lain. Sedangkan,
penyajian algoritma dalam bentuk gambar sering disebut flow chart.
Ciri-ciri algoritma sebagai berikut:
- Ada Input
- Ada proses
- Ada Output
- Memiliki Instruksi-Instruksi yang jelas dan tidak Ambigu
- Harus mempunyai Stoping Role
Secara garis besar algoritma
bermanfaat untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah
berdasarkan pada pola pikirnya masing-masing. Adapun manfaat dan fungsi yang
dapat diambil dari penggunaan algoritma yaitu sebagai berikut:
- Memecahkan program yang rumit.
- Memudahkan dalam pembuatan program.
- Menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana.
- Dapat digunakan secara berulang-ulang.
- Dapat mengatasi segala masalah dengan logika yang urut.
- Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang.
- Program yang ada menjadi lebih terstruktur dan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan.
- Ketika terjadi kesalahan, mudah untuk mencari letak kesalahan tersebut.
- Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan mengganggu modul yang lain.
- Dokumentasi yang lebih mudah.
Agar lebih memahami tentang
algoritma, berikut contoh penggunaan algoritma dalam program aplikasi
menghitung nilai samapta mahasiswa S1 STTAL.
MINGHITUNG
NILAI SAMAPTA MAHASISWA S-1 STTAL
Program computer dapat digunakan
untuk minghitung nilai samapta mahasiswa S-1 STTAL, yaitu dengan menggunakan
aplikasi Delphi 7. Berikut contoh tampilan aplikasi programnya:
Apabila
nilai akhir lebih atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus
serta dapat meneruskan kegiatan dan pelajaran. Nilai akhir didapatkan dari
nilai rata-rata baterai A, baterai B dan baterai C. Nilai baterai A adalah
nilai lari. Nilai baterai B adalah nilai rata-rata dari empat kemampuan, yaitu pull
up, push up, sit up dan shuttle run, sedangkan nilai baterai C adalah nilai
renang. Apabila nilai akhir kurang dari 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan
tidak lulus dan harus melaksanakan remidial sampai lulus, seperti contoh yang
ada pada program berikut:
Langkah-langkah
untuk mengisi form aplikasi tersebut dijelaskan dengan algoritma berikut ini:
1. Mulai.
2. Siapkan data-data nama mahasiswa, program studi, jenis
kelamin, nilai lari, nilai pull up, nilai push up, nilai sit up, nilai shuttle
run dan nilai renang.
3. Masukkan nama mahasiswa.
4. Pilih program studi.
5. Pilih jenis kelamin.
6. Masukkan nilai lari.
7. Masukkan nilai pull up.
8. Masukkan nilai sit up.
9. Masukkan nilai shuttle run.
10. Masukkan nilai renang.
11. Periksa apakah data yang dimasukkan sudah
benar.
12. Tekan tombol “Hitung”.
13. Muncul nilai, hasil dan keterangan.
14. Selesai.
Gambar
3. Flowchart pengisian form aplikasi
Untuk
membuat aplikasi ”nilai samapta mahasiswa S-1 STTAL” bagi pemula tidaklah
mudah, tetapi juga tidak terlalu sulit. Dibutuhkan ketelitian serta kesabaran dalam
pembuatannya. Langkah pertama untuk membuat program ini adalah membuat form
jendela kerja. Gunakan combo box, radio button, edit, label, memo dan button
sesuai kebutuhan. Atur posisi point-point tools tersebut agar jelas, rapi dan
mudah dioperasikan. Berikut contoh form jendela kerja (toggle form) yang
penulis buat:
Tuliskan program pada unit.pas
seperti contoh program berikut ini:
Gambar
6. Program bagian 2
Selesai menuliskan program tersebut, compile program dan jalankan aplikasinya.
Algoritma “Menghitung Nilai Samapta S1 STTAL” sudah benar dan sesuai karena dalam algoritma tersebut sudah terdapat inisiasi mulai, inisiasi selesai, input dan output, proses, instruksi yang jelas dan tidak ambigu serta alur logika yang berurutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
yang mau koment disini aja...